Selamat Datang di Website Resmi RSUD Tanjung Uban


  Contact : 0771-482655 - IGD 0771-82118

Poliklinik Kesehatan Jiwa Akan Hadir di RSUD Tanjung Uban

Dalam rangka melengkapi sarana pelayanan poliklinik, RSUD Tanjung Uban akan menghadirkan Poliklinik Kesehatan Jiwa untuk melengkapi 6 spealisasi yang telah lebih dulu hadir. Poliklinik ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan Jiwa tersebut.

Kepala Bagian Pelayanan Medik dr.Pirgok AliBuhto, Sp.B kepada Kabar Medika mengatakan, pihak managemen RSUD Tanjung Uban akan menghadirkan Poliklinik Kesehatan Jiwa dalam waktu dekat ini, persiapan yang dilakukan tidak saja sebatas menambah dokter spesialis kejiwaan, tetapi juga obat-obatan pendukung dan tenaga perawatnya.

“ untuk kesehatan jiwa, jangan orang benar-benar sudah sakit jiwa baru diatasi. Orang gaduh gelisah dan stres juga harus cepat diatasi. Kami sedangkan mempersiapkan penambahan layanan unit jiwa juga bukan hanya menambah dokter spesialisnya saja tapi perlu dipikirkan juga tentang perawat yang akan mendampingi dokter dalam penanganan pasien, juga obat-obatan pendukung nya juga perlu kita persiapkan,” kata Pirgok.

Menurut Pirgok, sejak Maret pihaknya sudah mulai mempersiapkan segala sarana dan prasarana untuk merealisasikan Poliklinik tersebut.
“Kami sudah melakukan study banding ke RSUD Banyumas dimana RSUD tersebut juga selain melayani pasien jiwa juga melayani pasien umum, jadi dengan kata lain kondisinya hampir sama dengan RSUD Tanjung Uban ini. kita akan berupaya dokter yang bertugas di poliklinik itu adalah dokter spesialis jiwa dengan jam dinas paruh waktu (part time) tetapi kami juga tetap mengusahakan akan ada dokter spesialis jiwa yang purna waktu.” kata Pirgok.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Tanjung Uban Isra Gigantara mengatakan, pihaknya berencana untuk membangun gedung yang berfungsi bagi bangsa Jiwa dan hal itu telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.
“Selain itu pihak RSUD juga terus berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dirjen Bina Upaya Kesehatan dalam pelayanan kesehatan jiwa agar nantinya pelayanan yang kita berikan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku” kata Isra.

Menurut Isra dengan kondisi penduduk Tanjung Uban yang merupakan daerah transit maka RSUD Tanjung Uban dalam pelayanan kesehatan jiwa juga melayani pelayanan rehabilitasi pasien yang ketergantungan obat dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *